Selasa, 22 November 2011

Pure Heart


"The true mind can weather all the lies and illusions without being lost. The true heart can touch the poison of hatred without being harmed. Since the beginning-less time, darkness thrives in the void, but always yield to purifying light!" (Lion Turtle-Avatar Aang-Comet Sozin)

Selamat pagi kawan,

Apa yang akan anda lakukan setelah bangun pagi? Melamun? Merencanakan hari itu? Berdoa? atau mencoba menata hati untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam diri kita? Hal yang terakhir sepertinya jarang sekali saya dengar dari diskusi2 kawan2 saya. Kebanyakan dari mereka, bangun lalu mempersiapkan hal2 yang akan dipakai hari itu, meminum kopi atau sekedar duduk2 kemudian mandi dan siap untuk melakukan aktivitas.

Pernahkah anda tahu kegunaan dari penataan hati di pagi hari? Sadar atau tidak kita seringkali melakukannya walaupun tidak memiliki intensi untuk itu. Seringkali kita duduk sejenak untuk menarik nafas memberikan kesempatan kepada batin kita untuk tenang, tidak berbicara, dan mencoba menata pikiran kita sedemikian sehingga siap digunakan untuk kegiatan hari itu. Jika kita melakukan kegiatan semacam ini secara rutin dan teratur kita pasti akan menerima manfaatnya secara utuh. Seperti shout out di atas, penataan hati berguna untuk membuat hati kita murni dari segala pikiran yang jahat dan tetap fokus pada tujuan hidup kita.

Orang2 timur seringkali melakukan hal ini dengan gaya meditasi atau kontemplasi. Untuk melakukannya tidak diperlukan tempat atau uang yang banyak, hanya dibutuhkan niat dan juga usaha yang kuat dari individu itu sendiri. Dibawah ini akan saya sajikan langkah2 sederhana untuk bisa melakukan penataan hati.

1. Duduklah dengan tenang, bisa bersila atau bisa diatas kursi. Aturlah nafas dengan baik sehingga kita merasakan detak jantung kita lebih teratur. Cobalah untuk fokuskan pikiran kita kepada nafas kita setelah itu cobalah untuk mendengarkan suara2 di sekitar kita. Ulanglah kegiatan itu sampai kita benar2 merasakan tenang dalam hati dan juga pikiran.

2. Langkah selanjutnya yang lebih dalam adalah coba bayangkan anda semua dalam proses menjalani hari itu. Lihatlah kejadian2 yang mungkin atau pernah terjadi pada anda dari pagi sampai kegiatan anda usai di malam hari, hal ini seperti menonton film hidup kita sendiri. Cermati apakah ada gerak2 batin yang perlu untuk kita ubah dan kita siasati sehingga kita tidak jatuh dalam permasalahan yang sama. Coba lihat juga kesenjangan di sekitar kita, hal ini bisa membangkitkan semangat sosial kita untuk bisa peka terhadap situasi lingkungan dan melakukan tindakan yang perlu untuk kebersamaan. Lakukanlah hal semacam ini setidaknya dua kali dengan set atau penggambaran yang berbeda.

3. Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pembuatan niat untuk hari itu. Nah disini dibutuhkan keterbukaan hati untuk mau dan mampu menjadikan diri kita bagian dari kebaikan yang telah dunia berikan kepada kita. Niat disini tidak perlu yang muluk2 tetapi lebih pada tindakan nyata yang kita bisa lakukan untuk hari itu. Ada baiknya juga setelah pembuatan niat, kita bisa menuliskan apa saja yang kita rasakan selama tiga proses ini kedalam sebuah tulisan dalam diary kita atau dalam buku khusus refleksi kita.

Jika hal ini tidak bisa dilakukan di rumah bisa juga dilakukan di tempat pekerjaan sebelum semuanya dimulai. Yakinlah pasti kita mendapatkan sesuatu yang berguna bagi hidup kita dari hari ke hari. Sebagian orang melakukannya dengan gerakan yoga atau tai chi namun jika kita tidak melakukan keduanya bisa dengan langkah2 sederhana seperti di atas.

Semoga kita bisa mencecap keindahan hari lewat kemurnian hati dan budi yang kita tumbuhkan dari awal hari kita. Silahkan dicoba sobat dan jika berhasil sebarkan ini sebagai buah dari kebaikan.

tabik!

Tidak ada komentar: